Alumni yang Terbangun dari Tidurnya

oleh -46.453 views

Penulis : Ahmad Zubair (Anggota Forum Ikatan Alumni Al-Barokah)

Sejatinya setiap insan manusia memiliki rasa peduli serta rasa kemanusiaan dan tanggung jawab. Adanya rasa tersebut karena mereka telah dekat dengan Sang Maha Kuasa (Allah SWT. ) Akhirnya jiwa – jiwa mereka mendapatkan petunjuk dari Sang Ilahi Rabbi serta dapat mengiplementasikan nilai – nilai luhur Pancasila.

Dalam kehidupan kita terjadi berbagai problematika terutama dalam dunia pendidikan, khususnya lagi lembaga Pendidikan Islam kini di berbagai daerah kita melihat sangat memprihatinkan. Karena adanya Praktek atau Implementasi pendidikan pada Yayasan wabil khususnya yang konsentrasi pada pengembangan pendidikan Islam, faktanya sangat bertolak belakang dengan konsep Islam yang di praktekkan oleh Baginda Besar Nabi Muhammad SAW.

Salah satu contoh adalah Lembaga Yayasan Pendidikan Islam (YPI Al-Barokah). Permasalahan yang sudah menjadi rahasia umum ini perlu di selesaikan oleh Yayasan.

Pokok persoalan yang terjadi di YPI adalah sarana dan prasarana pendidikan yang menjadi kewajiban setiap lembaga pendidikan khususnya YPI, prasarana ini penting untuk memaksimal segala proses Belajar Mengajar (BM) untuk kebutuhan para peserta didik dan para guru.

Sarana dan prasarana merupakan salah kebutuhan penting dalam menjalankan dunia pendidikan agar memaksimalkan keterampilan para peserta didik untuk dapat bersaing di tengah- tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Jikalau ini diabaikan oleh YPI kami yakin adanya hiruk – pikuk kecil yang kini dirasakan oleh peserta didik dan alumni, akan menjadi bola salju di kemudian hari. “Jika terjadi hiruk – pikuk kecil tersebut terlontarkan di publik, maka akan menodai nama baik Yayasan Pendidikan Islam (YPI). Dan sebagai alumni pasti akan menanggung malu,” karena YPI adalah kampus Islam yang mempunyai sejarah panjang luar biasa dalam Dunia Pendidikan Islam.

“Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Al – Barokah seharusnya peka terhadap perkembangan zaman yang begitu pesat maju kedepan.”

Selaku alumni kami sangat memprihatinkan melihat kondisi YPI Al – Barokah karena dari tahun ke tahun, “tidak ada perubahan yang begitu berarti di YPI Al – Barokah.

Namun semua ini hanya masukan dari kami selaku alumni, karena kami Haqqul Yakin, alumni serta siswa dan guru yang pernah berproses atau sedang proses menimba ilmu di YPI Al Barokah. Pasti punya niatan baik dan tulus memajukan YPI – Al Barokah kedepan lebih baik.

Salah satu bentuk kepedulian kami sebagai alumni, walaupun ditengah  Wabah Pandemi Covid- 19, dengan berbagai tantangan yang dihadapi oleh semua kalangan, kami alumnus YPI AL-BAROKAH. Alhamdulilah kami melakukan konsolidasi untuk membentuk Forum Ikatan Alumni Al-Barokah untuk bergerak maju kedepan sebagai garda terdepan untuk mengawasi pelaksanaan pendidikan di YPI Al-Barokah.

Selain itu, kami akan bergerak di bidang kemanusiaan untuk menunjukkan rasa kasih pada sesama demi tercipta dan terpancar suasana damai dan harmoni dilingkungan Yayasan, Jati Makmur dan kota Bekasi khususnya. Tutur Laode Anwar salah satu alumnus yang juga pendiri Forum Alumni.

Lain halnya dengan anggota yang lain, ia mengungkapkan bahwa pendidikan ialah sarana untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan seseorang maka kami terus terang agar pengurus yayasan lebih memperhatikan lagi hal-hal yang dibutuhkan oleh mereka yang menjalankan proses pendidikan, tutur Azlan Rizkiawan.

Tidak banyak yang konsisten dan istiqomah dalam perjuangan tapi banyak di pertemukan dengan saudara sepemikiran satu arah tujuan dalam kepedulian.

Hal kecil ini bagi kami adalah suatu kebangkitan luar biasa dari alumni yang selama ini tidur di tengah – tengah kondisi YPI Al Barokah yang penuh onak dan duri. Namun patut kami banggakan bahwasanya. Alhamdulilah kini alumni sudah ada yang terbangun dari tidur panjangnya serta ingin memperbaiki tempat dimana ia menimba ilmu baik dunia maupun akhirat. Amin Ya Rab’bal Alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *