Demo Lempar Telur Busuk, AMD Jakarta Desak Copot Heru Pambudi sebagai Dirjen Bea Cukai

oleh -9.922 views

JAKARTA – Kelompok massa mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa DKI Jakarta (AMD Jakarta) berunjuk raea didepan Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat, Senin (27/7/2020).

Dalam aksinya tersebut, pendemo melemparkan telur busuk sambil menyerukan beberapa tuntutannya yaitu copot Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi dan reshuffle Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Kami meminta Presiden RI melalui Kementerian Keuangan RI untuk segera mencopot dan mengganti Dirjen Bea Cukai. Sebab banyak sekali kegagalan yang terjadi semenjak kepemimpinan Heru Pambudi,” tegas Koordinator Aksi Donny Manurung.

Menurut dia, sesuai dengan pidato Presiden RI Jokowi yang akan melakukan reformasi birokrasi bila ada jajaran birokrasi yang bermasalah dan tidak bekerja dengan baik dan professional maka Presiden akan memangkas. Dan tak tanggung-tanggung Presiden bahkan akan memberikan sanksi kepada para birokrat yang nakal dan tidak bekerja dengan baik.

Masih kata dia, banyaknya kasus penyelundupan yang terjadi di Indonesia menjadi sorotan organisasinya, terlebih
posisi Dirjen Bea Cukai yang tak luput dari bidikannya.

“Semenjak Dirjen Bea Cukai dipimpin Heru Pambudi, sepertinya tidak bekerja dengan maksimal. Marak aksi penyelundupan,” terang Donny.

Selain itu, tambah dia, tak jarang juga Heru Pambudi dipanggil oleh pihak yang berwajib terkait dengan beberapa kasus penyelundupan barang. Dengan adanya kasus dugaan penyelundupan tekstil illegal yang dikirim dari China ke Jakarta yang telah berlangsung selama satu tahun, sebanyak 27 kontainer barang bukti tekstil illegal yang tertangkap dan ditahan di pelabuhan Tanjung Priok itu hanya sebagian dari ratusan kontainer
yang lolos masuk ke Jakarta dalam satu tahun terakhir.

“Tekstil impor tersebut illegal karena
lolos masuk ke Indonesia tanpa membayar bea cukai masuk safeguard. Namun anak buah Dirjen Bea Cukai tidak pernah melakukan penindakan terhadap kasus tersebut,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kata dia, pihaknya menilai sudah seharusnya Dirjen Bea Cukai diganti, untuk memenuhi regenerasi kepemimpinan jabatan strategis. Pihaknya mencium aroma tidak sedap di lingkungan Kementerian Keuangan
sebab kemenkeu seolah sangat mempertahankan Dirjen Bea Cukai.

“Ada apa dibalik semua ini, apa hubungan Sri Mulyani dengan Heru Pambudi. Jangan sampai Heru Pambudi diangkat kembali menjadi Dirjen Bea Cukai,” sebutnya.

Dikatakannya, anggota Komisi III pun pernah meminta Jaksa Agung untuk menjerat seluruh pejabat bea cukai
yang terlibat dalam kasus korupsi penyelundupan impor tekstil bea cukai. Menkopolhukam Mahfud MD pernah memanggil Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi terkait penyelundupan
harley davidsion dan sepeda brompton yang dilakukan oleh mantan Dirut Garuda.

“Copot Heru Pambudi sekarang juga,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *